Rabu, 23 April 2008

Cara membuat nada untuk sebuah lagu

Nada adalah kumpulan atau bagian dari suara yang tesusun sedemikan rupa sehingga menghasilkan sebuah nada. didalam sebuah lagu,nada itu sendiri merupakan faktor yang penting untuk menghasilkan sebuah lagu yang bagus,sebab dengan nada yang bagus maka akan menjadikan lagu tersebut bagus juga. memang faktor lirik juga sangat diperlukan dalam sebuah lagu,tapi nada itu sendiri biasanya yang paling diperlukan. sebagai contoh , banyak lagu-lagu sekarang ini yang memiliki lirik yang kurang bagus tapi memiliki nada yang bagus, tapi hal tersebut tidak terlalu dipermasalahkan sebab kebanyakan orang menyukai sebuah lagu adalah setelah mendengarkan nada dari lagu tersebut. tapi sebaiknya juga harus di tunjang dengan lirik yang bagus juga.
Untuk membuat sebuah nada untuk sebuah lagu, sebaiknya tentukan lebih dahulu lagu jenis apa yang akan di ciptakan seperti rock,pop. tapi sebaiknya di sesuaikan dengan selera kita sendiri, sebab dengan begitu kemungkinan nada yang akan kita buat bisa akan lebih baik.
Untuk mebuatnya terlebih dahulu carilah suasana yang sesuai untuk itu seperti tempat yang agak sepi sebab supaya tidak terganggu dalam pembuatan nadanya nanti. Siapkan alat-alat pembantu seperti gitar atau alat perekam supaya nantinya nada yang kita buat bisa lebih baik hasilnya dan bisa direkam supaya nantinya tidak berubah..setelah nada kita buat dan direkam maka dengarkanlah secara berulang melalui alat perekam tersebut supaya nantinya kita bisa mengetahui apakah nada yang telah kita buat tersebut telah sesuai menurut kita ataukah masih perlu di tambahkan lagi..Selamat mencoba..

3 komentar:

gopank mengatakan...

so tau loch....
duet aja sama band gue,,,,kalo memank lo hebat.aliran gue hardrock
by:kancut band
jakarta

Nuno Nickson mengatakan...

udh ciptain lagu apa2 ja...!!
by-Rozline band

Edhy CyNk MhELphIE mengatakan...

bza gg kk bantu akuuh ngebuat nada untuk lagu kuuh???